- Head Up Display
HUD adalah sebuah tampilan transparan yang menampilkan data
tanpa mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang yang biasa mereka
lihat. Asal usul nama berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan
melihat ke atas "up" dan melihat ke depan, bukannya miring ke bawah
melihat instrumen yang lebih rendah. Pada awalnya HUD diperuntukan untuk bidang
militer saja, seperti penggunaan pada pesawat tempur seperti pada pesawat f-16.
HUDs pertama berasal dari pandangan teknologi senjata statis
untuk pesawat tempur militer.HUDs memproyeksikan "pipper" untuk
membantu meposisikan sasaran pada senjata pesawat. Seiring berkembang nya jaman
HUDs yang sekrang lebih maju, dan lebih kompleks,dan lebih banyak informasi
yang telah ditambahkan. HUD dapat menampilakan perhitungan jarak tembak meriam,
dan dengan menambahkan informasi pada pesawat seperti menghitung kecepatan
udara dan sudut serangan, sehingga sangat meningkatkan akurasi pilot di udara
untuk pertempuran udara. Sebuah contoh awal dari apa yang disebut sebagai head
up display adalah Sistem Proyektor dari AI udara Inggris Mrk radar VIII
intersepsi dipasang ke beberapa The Haviland Mosquitoo the Fighter, di mana
layar radar diproyeksikan ke kaca depan pesawat bersama dengan tampilan buatan
cakrawala, memungkinkan pilot untuk melakukan interceptions tanpa menenggokan
mata mereka dari kaca depan.
HUD teknologi yang berikutnya maju dalam Buccaneer, prototipe yang pertama terbang pada tanggal 30 April 1958. Desain pesawat yang di gunakan untuk melihat serangan dan akan menyediakan navigasi serta informasi senjata rilis untuk modus serangan tingkat rendah. Sementara ada persaingan sengit antara pendukung desain HUD baru dan pendukung The Old Elecktro Mechanical Gunsight, HUD digambarkan sebagai pilihan yang radikal. The Air Arm cabang dari Departemen mensponsori pengembangan Sight Strike. The Royal Aircraft Establishment (RAE) merancang peralatan nya, lalu dibangun oleh Cintel, dan sistem terintegrasi pertama kali pada tahun 1958. Bisnis pada perusahaan The Cintel HUD diambil alih oleh Elliott Flight Automation dan HUD Buccaneer diproduksi dan dikembangkan lebih lanjut terus sampai ke versi Mark III dengan total 375 sistem yang dibuat.
Penggunaan HUDs kemudian berkembang di luar pesawat militer. Pada 1970-an, HUD diperkenalkan untuk penerbangan komersial, dan pada tahun 1988, Oldsmobile Cutlass Supreme menjadi mobil produksi pertama dengan head up display. Contoh penggunaan HUD dalam automotife
General Motors mulai menggunakan display head-up pada tahun 1988 dengan layar warna, pertama muncul pada tahun 2001 pada Corvette. Pada tahun 2003, BMW menjadi produsen Eropa pertama yang menawarkan HUDs. Menampilkan menjadi semakin tersedia dalam mobil produksi, dan biasanya menawarkan speedometer, tachometer, dan menampilkan sistem navigasi. Tampilan malam pun juga ditampilkan melalui HUD di General Motors tertentu, Honda, Toyota dan kendaraan Lexus. Manufaktur lainnya seperti Citroen, Saab, dan Nissan saat ini menawarkan beberapa bentuk sistem HUD. HUDs Sepeda Motor helm juga tersedia secara komersial. HUD digunakan untuk mempermudah pengguna dalam menavigasikan kendaraan nya dengan baik dan agar memnimimalkan jumlah terjadinya kelakaan saat berkendaraan, seperti contoh nya apabila seorang pengendara sedang mengedarai kendaraan dengan kecepatan 100 km / jam ingin mengalih kan pandangan nya walaupun hanya 1 detik itu dapat ber akibat fatal karena dalam 1 detik itu mobil sudah melaju sejauh 27 meter. Fakta lapangan seperti itulah yang mendasari industri otomotif terus berupaya meminimalkan resiko, dengan menciptakan sistem kontrol. Salah satunya, dengan Head-Up Display (HUD), yang memiliki prospek menjanjikan. Itu karena HUD mampu menampilkan informasi penting pada kaca depan, langsung pada area pandang pengemudi, hingga ia tak perlu lagi menunduk atau celingukan mengalihkan pandangannya dari jalan di depannya. Dengan memanfaatkan proyektor laser (laser projector), diharapkan kaca mobil depan nantinya bisa berfungsi sebagai layar monitor yang bisa menampilkan berbagai informasi berguna bagi pengendara.
HUD teknologi yang berikutnya maju dalam Buccaneer, prototipe yang pertama terbang pada tanggal 30 April 1958. Desain pesawat yang di gunakan untuk melihat serangan dan akan menyediakan navigasi serta informasi senjata rilis untuk modus serangan tingkat rendah. Sementara ada persaingan sengit antara pendukung desain HUD baru dan pendukung The Old Elecktro Mechanical Gunsight, HUD digambarkan sebagai pilihan yang radikal. The Air Arm cabang dari Departemen mensponsori pengembangan Sight Strike. The Royal Aircraft Establishment (RAE) merancang peralatan nya, lalu dibangun oleh Cintel, dan sistem terintegrasi pertama kali pada tahun 1958. Bisnis pada perusahaan The Cintel HUD diambil alih oleh Elliott Flight Automation dan HUD Buccaneer diproduksi dan dikembangkan lebih lanjut terus sampai ke versi Mark III dengan total 375 sistem yang dibuat.
Penggunaan HUDs kemudian berkembang di luar pesawat militer. Pada 1970-an, HUD diperkenalkan untuk penerbangan komersial, dan pada tahun 1988, Oldsmobile Cutlass Supreme menjadi mobil produksi pertama dengan head up display. Contoh penggunaan HUD dalam automotife
General Motors mulai menggunakan display head-up pada tahun 1988 dengan layar warna, pertama muncul pada tahun 2001 pada Corvette. Pada tahun 2003, BMW menjadi produsen Eropa pertama yang menawarkan HUDs. Menampilkan menjadi semakin tersedia dalam mobil produksi, dan biasanya menawarkan speedometer, tachometer, dan menampilkan sistem navigasi. Tampilan malam pun juga ditampilkan melalui HUD di General Motors tertentu, Honda, Toyota dan kendaraan Lexus. Manufaktur lainnya seperti Citroen, Saab, dan Nissan saat ini menawarkan beberapa bentuk sistem HUD. HUDs Sepeda Motor helm juga tersedia secara komersial. HUD digunakan untuk mempermudah pengguna dalam menavigasikan kendaraan nya dengan baik dan agar memnimimalkan jumlah terjadinya kelakaan saat berkendaraan, seperti contoh nya apabila seorang pengendara sedang mengedarai kendaraan dengan kecepatan 100 km / jam ingin mengalih kan pandangan nya walaupun hanya 1 detik itu dapat ber akibat fatal karena dalam 1 detik itu mobil sudah melaju sejauh 27 meter. Fakta lapangan seperti itulah yang mendasari industri otomotif terus berupaya meminimalkan resiko, dengan menciptakan sistem kontrol. Salah satunya, dengan Head-Up Display (HUD), yang memiliki prospek menjanjikan. Itu karena HUD mampu menampilkan informasi penting pada kaca depan, langsung pada area pandang pengemudi, hingga ia tak perlu lagi menunduk atau celingukan mengalihkan pandangannya dari jalan di depannya. Dengan memanfaatkan proyektor laser (laser projector), diharapkan kaca mobil depan nantinya bisa berfungsi sebagai layar monitor yang bisa menampilkan berbagai informasi berguna bagi pengendara.
- Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah
antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat
lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi
digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di
Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan
istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk
fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan
diamati secara langsung.
Sebuah contoh nyata adalah Marmer UI Answering Machine oleh Durrell Uskup
(1992). Sebuah kelereng mewakili satu pesan yang ditinggalkan di mesin
penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring diputar kembali pesan atau panggilan
terkait kembali pemanggil.
Contoh lain adalah sistem Topobo. Balok-balok dalam
LEGO Topobo seperti blok yang dapat bentak bersama, tetapi juga dapat bergerak
sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang bisa mendorong, menarik, dan
memutar blok tersebut, dan blok dapat menghapal gerakan-gerakan ini dan diulang
mereka.
Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk membuat
sketsa gambar di atas meja sistem dengan pena yang benar-benar nyata.
Menggunakan gerakan tangan, pengguna dapat mengkloning gambar dan peregangan
dalam sumbu X dan Y akan hanya sebagai salah satu program dalam cat. Sistem ini
akan mengintegrasikan kamera video dengan gerakan system pengakuan.
Contoh lain adalah logat, pelaksanaan TUI membantu
membuat produk ini lebih mudah diakses oleh pengguna tua produk. 'teman' lewat
juga dapat digunakan untuk mengaktifkan interakasi yang berbeda dengan produk.
Beberapa pendekatan telah dilakukan untuk membangun
middleware untuk TUI generik. Mereka sasaran menuju kemerdekaan aplikasi domain
serta fleksibilitas dalam hal teknologi sensor yang digunakan. Sebagai contoh,
Siftables menyediakan sebuah platform aplikasi yang sensitif menampilkan
gerakan kecil bertindak bersama-sama untuk membentuk antar muka manusia –
computer.
Dukungan kerjasama TUIs harus mengizinkan distribusi
spasial, kegiatan asynchronous, dan modifikasi yang dinamis, TUI infrastruktur,
untuk nama yang paling menonjol. Pendekatan ini menyajikan suatu kerangka kerja
yang didasarkan pada konsep ruang tupel LINDA untuk memenuhi persyaratan ini.
Kerangka kerja yang dilaksanakan TUI untuk menyebarkan teknologi sensor pada
semua jenis aplikasi dan aktuator dalam lingkungan terdistribusi.
- Computer Vision
Computer Vision sering didefinisikan sebagai salah satu
cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali
obyek yang diamati/ diobservasi. Cabang ilmu ini bersama Intelijensia Semu
(Artificial Intelligence) akan mampu menghasilkan sistem intelijen visual
(Visual Intelligence System). Selain itu definisi lain adalah Computer Vision
(komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang
melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang
digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi
dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan
video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari
hasil pemindaian medis.
Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan bidang yang
berhubungan dengan proses transformasi citra/gambar (image). Proses ini
bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang lebih baik.
Sedangkan Pengenalan Pola (Pattern Recognition), bidang ini
berhubungan dengan proses identifikasi obyek pada citra atau interpretasi
citra. Proses ini bertujuan untuk mengekstrak informasi/pesan yang disampaikan
oleh gambar/citra
- Browsing Audio Data
Sebuah metode browsing jaringan disediakan untuk browsing
video / audio data yang ditembak oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio
metode browsing sesuai mencakup langkah-langkah dari: (i) menjalankan sebuah
program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang
disimpan dalam kamera IP,
(ii) transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS (
Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi,
(iii) mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server
pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP
pribadi alamat dan alamat server pribadi dan
(iv) kopel ke layanan server melalui alamat server pribadi
sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditembak oleh kamera IP, di
mana server layanan menangkap video / audio data yang ditembak oleh kamera IP
melalui Internet.
Penemuan berkaitan dengan sistem dan metode untuk browsing
video / audio data, lebih khusus ke jaringan vide / audio sistem browsing dan
metode yang akan diatur dalam sebuah IP kamera (juga disebut sebagai kamera
jaringan) untuk browsing video / audio data yang ditembak oleh kamera IP.
Sebagai kemajuan teknologi jaringan, semakin banyak diterapkan jaringan produk
yang dibuat terus-menerus. Salah satu yang paling umum diterapkan jaringan yang
dikenal adalah produk kamera IP, yang dapat menampilkan isi (video / audio
data) melalui Internet. Kamera IP biasanya terhubung ke jaringan melalui
router, dan memiliki sebuah IP (Internet Protocol) address setelah operasi
sambungan. Jaringan video / audio sistem browsing penemuan yang sekarang
digunakan untuk browsing video / audio data yang ditembak oleh sebuah IP
kamera. Sistem penjelajahan termasuk DDNS (Dynamic Domain Name Server), sebuah
IP kamera disimpan dengan kode identifikasi, sebuah layanan server, sebuah
komputer lokal dan setidaknya satu client. Masing-masing item sebelumnya
terhubung ke Internet.
- Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech
recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan
salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan.
Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech
recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa,
seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu
disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali
siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu
bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat
mengartikan pembicaraan siapa saja.
Speech Recognition adalah proses konversi sebuah sinyal
akustik, yang ditangkap oleh microphone atau telepon, untuk merangkai kata
kata. Kata - kata yang dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah
aplikasi seperti command & control, penginputan data, dan persiapan
dokumen.
Speech recognizer yang pertama keluar di tahun 1952. Salah
satu perangkat speech recognizer adalah IBM Shoebox, yang dikeluarkan pada 1963
melalui New York World's Fair. Contoh penggunaan dari speech recognition adalah
seperti halnya keyboard yang membuat user bisa memasukan perintah ke dalam
komputer, dan mouse untuk mengubah posisi dimana anda inginkan, menjalankan
file, speech adalah sebuah dimensi baru dari dengan kontrol yang fokus terhadap
perintah, bukan lokasi. Jadi kalian tinggal mengatakan perintah dengan bahasa
inggris lalu komputer akan menjalankan perintah kalian. Hal ini juga bisa dilakukan
untuk pengetikan. Tetapi pronouncesnya harus bagus. Bila pronounces anda tidak
pas kemungkinan besar windows tidak mengenali dan eksekusi perintah tidak bisa
dijalankan. Speech Recognition di windows 7 membuat bisa memerintah PC dengan
suara anda dengan kemampuan untuk mendikte hampir ke berbagai aplikasi Anda
dapat mendikte dokumen dan email dan berinternetan ria dengan mengatakan apa
yang anda lihat.
Sebelum anda menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang
harus dilakukan. Tidak seperti mouse dan keyboard, dimana tekanan jari
dikonversikan ke tekanan elektronik konstan, sedangkan suara memiliki variasi -
variasi. Jadi software-nya perlu dilatih.
kita membutuhkan microphone yang bagus. Hindarilah microphone
yang murah karena biasanya mereka menimbulkan berbagai suara. Sehingga tidak
menimbulkan kesan bising, lalu buatlah voice profile dan latihlah komputer
untuk mengidentifikasi suara dan pronouncesnya. Lalu lakukan langkah-langkah
berikut :
-> Klik the Start button
-> Klik Control Panel
-> Klik Ease of Access
-> Klik Speech Recognition
-> Klik Take Speech Tutorial
Speech Recognition hanya tersedia di bahasa Inggris,
Perancis, Spanyol, Jerman, Jepang, China.
- Speech Sintesis
Speech sintesis adalah buatan ucapan manusia. Sebuah sistem
komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech synthesizer, dan dapat
diimplementasikan dalam perangkat lunak atau perangkat keras. A text-to-speech
(TTS) sistem bahasa normal mengkonversi teks ke dalam speech; sistem lain yang
memberikan representasi linguistik simbolis seperti transkripsi fonetik bicara.
Speech buatan dapat dibuat dengan potongan-potongan concatenating speech yang
direkam disimpan dalam database. Sistem berbeda dalam ukuran speech yang
disimpan unit; sebuah sistem yang menyimpan telepon atau diphones memberikan
output terbesar jangkauan, tapi mungkin kurang jelas. Untuk keperluan khusus
domain, yang menyimpan seluruh kata-kata atau kalimat memungkinkan output yang
berkualitas tinggi. Atau, synthesizer dapat menggabungkan model sistem vokal
dan karakteristik suara manusia lain untuk membuat yang benar-benar
"sintetik" output suara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar